Sabtu, 26 Maret 2011

BOOMERANG : Sejarah & Pembuatannya



Salah satu dari senjata-senjata yang paling tua dan aneh yang pernah dikembangkan oleh manusia adalah BOOMERANG. Kata “BOOMERANG”berasal dari suatu suku di New South Wales,yang telah menamakannya demikian lama sekali.

Walaupun boomerang hampir tidak lebih dari sebuah tongkat bengkok,Boomerang telah membingungkan ilmu pengetahuan selama bertahun-tahun.Tidak seorangpun tampaknya yang dapat menjelaskan mengapa boomerang bergerak seperti itu di udara.Boomerang digunakan oleh suku-suku liar di Australia,di Afrika Timur Laut,dan di India bagian selatan,dan juga oleh orang-orang Indian Hopi di Arizona.

Ada dua jenis Boomerang :
(1) Yang tidak dapat kembali(unReturning Boomerang) dan yang dapat kembali.(Returning Boomerang).Boomerang yang tidak dapat kembali lebih berat dan hampir lurus bentuknya.Boomerang ini lebih mematikan seperti senjata daripada Boomerang yang dapat kembali.Konon seorang pribumi dapat melemparkannya dan memotong seekor hewan kecil hampir menjadi dua dengan Boomerang itu.
(2) Boomerang yang dapat kembali (Returning Boomerang) ini yang lebih popular dan dikenal luas oleh dunia.Tetapi penduduk-penduduk pribumi Australia menganggapnya terutama sebagai mainan,bukan nya senjata sungguhan.Namun terkadang Boomerang itu dapat pula digunakan untuk membunuh burung-burung.

Boomerang dibuat dari kayu keras dan dibengkokkan pada sudut antara 90 derajat dan 120 derajat.Satu sisinya datar dan sisi lainnya bulat.Tangkai-tangkainya dililitkan sedikit dalam arah yang berlawanan.Sehingga kedua tangkainya miring kira-kira 2 derajat dari bidang yang ditarik melalui pusat boomerang.Tekanan udara pada tonojlan dari sisi yang dibulatkan,bersama dengan lilitan yang terbentuk ketika dilemparkan,yang membuat boomerang berputar-putar dan kembali.

Penduduk pribumi liar di Australia dapat melempar boomerang membelok dengan cara yang menakjubkan.Mereka dapat melemparnya sehingga boomerang itu akan bergerak lurus sejauh 30 Yard,membuat lingkaran dengan diameter 50 Yard,dan kemudian kembali ke si pelempar.Atau mereka dapat membuatnya menyentuh tanah,berputar di udara,dan kembali.
Sebuah boomerang dilemparkan ke arah depan dengan memutar pergelangan tangan kea rah bawah,Boomerang dapat bergerak sejauh 400 kaki sebelum kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar